Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

PERAWAT RSUD DR ISKAK DILATIH RAWAT LUKA DENGAN MODERN DRESSING

PERAWAT RSUD DR ISKAK DILATIH RAWAT LUKA DENGAN MODERN DRESSING

Penanganan luka sejak dini sangat menentukan keberhasilan penyembuhan. Perawatan luka yang cepat dan tepat bahkan bisa mencegah tindakan pemotongan organ tubuh atau amputasi.

Pentingnya perawatan luka yang optimal kepada pasien ini menjadi salah satu prioritas para perawat di Rumah Sakit Umum Daerah dr Iskak Tulungagung. Setiap perawat di rumah sakit ini diharapkan memiliki pengetahuan dan kemampuan merawat luka hingga paripurna.

“Tak hanya perawatan pada luka, pengetahuan tentang gizi yang menjadi asupan pasien juga harus diketahui perawat,” kata Bambang Sunaryo SKep.Ns, Kepala Seksi Pelayanan Keperawatan Rumah Sakit Umum Daerah dr Iskak Tulungagung.

Untuk meningkatkan kapasitas perawat, hari ini sebanyak 40 perawat dari seluruh ruangan di RSUD dr Iskak mengikuti pelatihan kelas keperawatan dengan tema perawatan luka. Sejumlah narasumber yang memahami seluk beluk perawatan luka dihadirkan. Diantaranya adalah dr Wahyu, dr Santi yang merupakan spesialis bedah plastik, ahli gizi, serta ahli perawatan luka dari RSUD dr Syaiful Anwar Malang, Tri Pranawaningsih.

Menurut Bambang, pelatihan perawatan luka ini akan berlangsung selama dua hari. Sebanyak 40 perawat akan mengikuti kelas hingga besok Sabtu,  15 September 2018.

Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kesehatan yang terampil dan mahir dalam perawatan luka. Terlebih lagi perkembangan metode perawatan luka terus berjalan seiring penemuan pengetahuan baru. Salah satunya adalah perawatan luka menggunakan dressing modern untuk mempertahankan kelembaban yang seimbang pada luka. Metode perawatan luka ini telah berkembang di dunia sejak tahun 1962, dengan keunggulan mempercepat proses penyembuhan luka.

“Pelatihan ini juga lebih menekankan upaya preventive dan promotive. Dunia medis sangat membutuhkan perawat yang kompeten di bidang luka untuk bekerja dengan multidisiplin profesi lain,”jelas Bambang. (*)

 

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119