Perhatikan Enam Kunci ini Jika sedang Isoman di Rumah

Perhatikan Enam Kunci ini Jika sedang Isoman di Rumah

SEJUMLAH pasien positif COVID-19 di tengah pandemi gelombang kedua kini dianjurkan untuk melakukan isoman (isolasi mandiri) di rumahnya masing-masing.

Seperti ditulis di artikel terdahulu, isoman hanya boleh dilakukan bagi pasien COVID-19 yang tidak bergejala atau hanya bergejala ringan seperti batuk, pilek, dan lainnya.

Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD dr. Iskak, dr. Zuhrotul Aini, Sp. A menjelaskan, sejumlah kunci yang harus dilakukan selama isoman di rumah, agar pasien COVID-19 cepat sembuh dan sehat kembali.

”Isoman harus dengan pemantauan oleh petugas kesehatan. Jadi, warga wajib lapor ke Satgas COVID-14 tingkat desa, tujuannya agar mencegah penularan,” terang dr. Aini saat Talkshow Interaktif #sehatbersamarsiskak dengan Tema : “Yuk Pahami Panduan Saat Isolasi Mandiri di Rumah” disiarkan langsung secara daring, pada Hari Kamis, 16 Juli 2021.

Berikut ini sejumlah kunci yang perlu dilakukan selama isoman agar lekas pulih kembali;

  1. Dukungan keluarga

Hal ini menjadi kunci agar keluarga menyemangati pasien COVID-19 selama isoman. Selain itu, keluarga juga menyediakan tempat yang terpisah untuk mencegah penularan.

Stigma pasien COVID-19 dikucilkan perlu dihilangkan dari keluarga terlebih dahulu, kemudian tetangga terdekat.

Jika pasien adalah seorang ibu atau ayah yang memiliki balita, maka dititipkan kepada saudara, untuk mencega penularan.

  1. Memakai masker

Dokter Aini mengatakan, pasien COVID-19 yang isoman di rumah harus selalu menggunakan masker.

”Ini wajib dijalankan, jika dilepas, maka pasien juga bisa menularkan ke orang lain di rumah, inginnya sembuh namun malah keluarga sakit,” paparnya.

Anggota keluarga yang serumah dengan pasien juga harus memakai masker. Selain itu, masker berguna melindungi pasien saat menjelang berakhirnya isoman, yakni untuk mencegah penularan jika ternyata ada orang di rumah yang tanpa gejala terkena Korona.

  1. Membersihkan alat-alat yang dipakai

Misalnya, kamar mandi hanya ada satu di rumah. Pasien COVID-19 tak perlu panik. Jangan berpikir tak mandi agar tidak menulari anggota keluarga

”Mandi juga perlu, yang perlu diperhatikan mencuci semua alat-alat yang disentuh  desinfektan. Jika tak punya, air yang dicampur sabun juga bisa,” kata dr. Aini.

Begitu juga alat-alat makan, yakni dipisah dan dicuci bersih dengan air mengalir.

  1. Makan makanan yang bergizi

Lazimnya, sangat penting mengonsumsi makanan bergizi seimbang dalam kondisi apapun. Apalagi bagi Anda yang tidak sehat dan menjalani isoman.

Makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan serat menjadi menu penting selama isoman.

”Vitamin dari dokter yang beraneka ragam jangan lupa diminum juga ya, supaya tubuh kembali sehat kembali,” pesan dokter Aini.

  1. Istirahat yang cukup

Hal ini sangat signifikan agar pasien cepat sembuh. Istirahat ini terdiri dari istirahat secara fisik dan psikis.

Istirahat fisik dengan tidur yang cukup, 7 – 8 jam dalam sehari. Kalau siang juga perlu tidur sebentar, bisa 30 menit saja.

Sedangkan istirahat secara psikis yakni menjaga kondisi mental supaya tidak stress atau depresi.

”Banyak pasien COVID-19 yang takut mati setelah membaca berita banyaknya korban dari pandemi,” kata dr. Aini.

”Kita tak perlu hanyut dalam berita, percaya saja jika nasib hidup dan mati sudah digariskan Tuhan sebelum kita lahir,” imbuhnya.

  1. Olahraga ringan

Dokter Aini mengingatkan, diawal dengan berjemur kira-kira 10-15 menit antara jam 08.00 – 13.00. Pasalnya, berjemur dipercaya bisa memenuhi kebutuhan vitamin D.

Kekurangan vitamin D diduga hampir dua kali lebih tinggi terkena risiko infeksi COVID-19.

Selama berjemur bisa melatih pernapasan, misalnya mengambil napas pelan-pelan, lalu dikeluarkan pelan-pelan juga dari mulut. Hal ini bisa dilakukan 10 – 20 kali.

Olahraga ringan seperti gerakan pemanasan, jogging di tempat, boleh dilakukan secara rutin. Jika punya halaman yang luas, bisa diakukan di halaman dengan menjaga jarak. (PKRS/MAS)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119