Peringati World Heart Day, RSUD dr. Iskak Turut Ikut Meriahkan Acara Senam Jantung Virtual se-Jawa Timur

Peringati World Heart Day, RSUD dr. Iskak Turut Ikut Meriahkan Acara Senam Jantung Virtual se-Jawa Timur

SEJUMLAH bapak-bapak dan ibu-ibu merentangkan tangannya untuk menjaga jarak di area parkir gedung Graha Mandiri RSUD dr. Iskak, Sabtu, 16 Oktober 2021. Sesaat kemudian musik terdengar, mereka pun jogging untuk beberapa detik.

Setelah jogging, instruktur senam membuat gerakan pada tangan yang mudah ditirukan oleh peserta senam.

Di depan peserta senam, terdapat dua layar proyektor yang menampilkan senam jantung dari 12 kota dan kabupaten di Jawa Timur.

Olahraga bersama itu adalah kegiatan senam jantung virtual se-Jawa Timur yang dihelat oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI ) Cabang Malang Raya.

Sebagai informasi, PERKI di Jawa Timur ada dua, yakni PERKI Surabaya dan PERKI Malang Raya.

Dokter spesialis jantung di Tulungagung ikut bergabung PERKI Malang Raya. Sehingga bisa terselenggara acara senam jantung virtual ini.

Kegiatan senam jantung dalam rangkaian Hari Jantung se-Dunia (World Heart Day) yang diperingati setiap tanggal 29 Septermber.

Peringatan ini penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah.

Semua peserta senam memakai kaos berwarna merah marun dengan tulisan Use Heart To Connect pada bagian belakang kaos.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RSUD Dr. Iskak Tulungagung drTri Astiawati, Sp.JP dan dr. Fitranti, Sp.JP ikut senam jantung dengan ceria.

Tim dari PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) RSUD dr. Iskak juga mengikuti senam bersama.

Tulisan Use Heart To Connect pada kaos peserta senam jantung menjadi tema.

Tulisan itu mengandung makna untuk mengingatkan pentingnya menggunakan pengetahuan, kasih sayang, dan peran tiap individu untuk memastikan orang-orang di sekeliling memiliki kesempatan yang terbaik untuk memiliki jantung yang sehat.

Begitu yang dijelaskan Dokter Fitranti di sela-sela acara senam jantung. Ia menceritakan, dengan teknologi semua orang dapat saling terhubung sehingga memungkinkan untuk berbagi informasi dan edukasi sehingga menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi dari sebelumnya.

”Contohnya ya senam jantung yang virtual ini, berbagi informasi kesehatan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi,” terang Fitranti.

Gerakan pada senam jantung bervariasi untuk membuat detak jantung lebih cepat dan tubuh lebih berkeringat.

Senam dimulai dengan gerakan pemanasan seperti jogging dan lainnya selama 5 – 10 menit. Gerakan ini bisa membuat otot-otot menjadi kendur, dan meningkatkan aliran darah, serta mengurangi risiko cidera.

Gerakan inti senam jantung beraneka ragam, salah satunya dengan gerakan melompat sembari membuka kaki yang lebar dan dibarengi dengan bertepuk tangan di atas kepala.

Saat bertepuk tangan, biasanya peserta sambil berteriak yang membuat acara semakin semarak.

Senam kemudian diakhiri dengan gerakan pendinginan berdurasi antara 5 – 10 menit. Begitu senam usai, para peserta terlihat berkeringat dan lebih bugar. Mereka langsung duduk di karpet dan melepas dahaga dengan minum air mineral. (PKRS/MAS)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119