Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Perut Si Kecil Kembung? Yuk Cari Penyebab dan Cara Mengatasinya

Perut Si Kecil Kembung? Yuk Cari Penyebab dan Cara Mengatasinya

MOMEN menyusui menjadi masa yang mengesankan untuk dijalani ibu dan bayi. Aktivitas tersebut bisa memupuk rasa kedekatan bayi dan ibunya secara baik.

Akan tetapi, ada beberapa makanan yang perlu dicermati ibu menyusui, karena bisa berdampak kepada kualitas ASI (Air Susu Ibu).

Misalnya, ketika ibu mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gas, nantinya bisa mempengaruhi kualitas ASI. Dampak dirasakan si kecil biasanya memicu perut menjadi kembung.

Perut kembung yang dirasakan oleh bayi tentu membuatnya tidak nyaman, rewel dan terkadang disertai dengan tangisan hebat. Tentu bayi yang sakit bakal membuat orang tua khawatir.

Dokter spesialis anak RSUD dr. Iskak  dr. Emi Yuliati, Sp. A, menjelaskan, biasanya bayi kembung itu berawal dari ASI yang tidak sehat dari ibunya, yakni ASI mengandung gas.

“Makanan yang mengandung gas dapat memicu timbulnya kembung pada bayi, oleh karena itu orang tua harus lebih berhati-hati,” jelasnya.

Penyebab paling sering itu berawal dari ibu usai mengonsumsi makanan seperti produk susu, kopi, teh, singkong dan lainnya. Makanan semacam itu banyak mengandung gas.

“Beberapa makanan yang dicerna itu menimbulkan gas, nah gas kemudian terbawa masuk melalui ASI saat menyusui, di situlah bayi kemudian kembung,” ungkapnya.

dr. Emi menjelaskan, ibu menyusui memang disarankan untuk mengonsumsi makanan lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Hal ini bertujuan supaya dapat memproduksi ASI lebih banyak, akan tetapi harus tetap memperhatikan kondisi bayinya.

Untuk makanan, dokter Emi mengatakan, apapun boleh dimakan asal tidak mempengaruhi kesehatan bayi itu sendiri.

“Jika bayi tidak mengalami masalah kesehatan, maka makan apa saja boleh, sebaiknya perbaiki pola makanan sehat saja,” tuturnya.

Untuk menangani perut kembung pada bayi tidaklah sulit, yaitu hanya dengan pemijatan di area perut secara perlahan dalam posisi tertidur, tujuannya untuk mengeluarkan gas di dalam perut bayi tersebut.

“Pemijatan dapat dilakukan secara perlahan, dengan mengunakan minyak yang tidak panas seperti minyak zaitun supaya kulitnya tidak lecet,” katanya

“Apabila setelah dipijat tidak mengalami perubahan, sebaiknya sesegera mungkin untuk dilakukan pemeriksaan di pelayanan kesehatan terdekat,” tutupnya. (PKRS/MFW)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119