Pesona “Rumah Tanding” Di Tengah Kemeriahan Hari Pertama Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik 2021

18 Nov, 2021

Pesona “Rumah Tanding” Di Tengah Kemeriahan Hari Pertama Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik 2021

MERIAH dan adu saing. Begitulah kehebohan pada hari pertama Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) 2021.

Berlokasi di Exhibition Hall Grand City Surabaya, kegiatan ini diikuti sekitar 128 stand yang menawarkan berbagai inovasi pelayanan publik dari masing-masing daerah.

RSUD dr. Iskak sendiri menampilkan inovasi Hospital Without Wall (HWW) atau yang biasa disebut dengan Rumah Tanding, akronim dari rumah sakit tanpa dinding.

Konsep Rumah Tanding yakni memberikan pelayanan kesehatan secara paripurna dengan mengintegrasikan pelayanan prehospital, intrahospital dan post hospital melalui platform Public Safety Centre (PSC).

Karena metode Rumah Tanding memanfaatkan tekonologi informasi dengan telemedicine, sangat cocok untuk situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Konsep layanan Rumah Tanding akan melindungi kelompok rentan atau mempunyai penyakit penyerta (komorbid), sekaligus untuk melakukan pemantauan terhadap perkembangan pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri. Sebab tidak akan terpengaruh jarak, ruang, dan waktu.

Untuk itu, dalam pameran ini RSUD dr. Iskak mencoba mengenalkan kepada masyarakat mengenai telemedicine. Bahkan pengunjung yang datang ke stand RSUD dr Iskak dapat melakukan konsultasi langsung dengan dokter melalui aplikasi zoom meeting atau video call.

“Pengunjung yang ingin konsultasi akan kami hubungkan langsung dengan dokter yang ada di RSUD dr. Iskak dengan video call. Sehingga tidak membatasi ruang maupun waktu,” jelas Kasi Pemasaran dan Informasi, Mochamad Rifai.

Meski baru hari pertama, pengunjung tampak antusias mengunjungi stand RSUD dr. Iskak.

Tak sedikit pengunjung yang memanfaatkan telemedicine untuk dapat berkonsultasi langsung dengan dokter sesuai bidangnya. Tak hanya telemedicine, di stand pengunjung juga dapat melakukan pengecekan kesehatan ringan. Seperti cek tekanan darah (tensi), dan cek kadar gula. (PKRS/AAP)

Berita Terkait

Berita Terbaru

Polling

Apakah website ini bermanfaat untuk Anda?