Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

PKRS, Sarana Edukasi dan Promosi Kesehatan Rumah Sakit

PKRS, Sarana Edukasi dan Promosi Kesehatan Rumah Sakit

PROMOSI Kesehatan Rumah Sakit atau yang biasa disebut dengan istilah PKRS, merupakan bagian penting dalam institusi rumah sakit. Organisasi yang beranggotakan jajaran hospitalia (tenaga medis, paramedis, nonmedis maupun staf umum lain) ini selalu menjalin keterhubungan antara pasien, seluruh staf rumah sakit dan masyarakat umum.

Sebagai bagian yang penting di lingkungan rumah sakit itulah, PKRS memiliki peranan dan tanggung jawab cukup banyak. Memberikan edukasi kepada pasien dan keluarganya mulai dari pendaftaran sampai pasien pulang, bahkan setelah pasien di rumah sehingga pengobatan yang diberikan bisa berhasil dengan maksimal. Memberikan penyuluhan dan informasi kesehatan yang benar kepada masyarakat sehingga derajat kesehatan semakin meningkat dan tidak menjadi sakit.

Tema ini secara khusus dibahas oleh dua unsur pimpinan PKRS RSUD dr. Iskak Tulungagung yang menjadi narasumber talkshow di RSUD dr. Iskak Tulungagung, yaitu dr. Moch Mundir Arif, Sp. THT-KL (ketua) dan Kasi Informasi dan Pemasaran RSUD dr. Iskak Tulungagung M. Rifai, S Kep, Ners. MH.Kes (sekretaris).

Dr. Moch Mundir Arif, SP. THT-KL menjelaskan kegiatan PKRS merupakan kerjasama tim yang membutuhkan koordinasi yang baik antarbagian dan lintas profesi. Tujuannya tentu adalah untuk memberikan materi edukasi dan penyuluhan tentang kesehatan yang benar langsung dari ahlinya sehingga bisa meluruskan kesalahan informasi kesehatan yang banyak beredar di media sosial dan media lainnya.

“Kegiatan oleh tim PKRS dapat memberikan dampak positif, baik kepada pasien, pendamping pasien, staf rumah sakit dan ;masyarakat sekitar rumah sakit. Kenapa bisa begitu, karena selalu berupaya memberikan informasi yang dibutuhkan seputar pelayanan dan kesehatan dengan sumbernya yang bisa dipercaya.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, tim PKRS mempunyai berbagai program unggulan yang dipersiapkan. Misalnya, program live streaming talkshow interaktif rutin melalui media sosial youtube, facebook, Instragram, website, siaran radio FM bahkan kunjungan ke rumah pasien (home visite),” katanya.

Dia melanjutkan, target pencapaian yang paling terpenting adalah membangun paradigma positif untuk nenciptakan perubahan perilaku, sekaligus untuk memberikan edukasi kesehatan di lingkungan rumah sakit, baik kepada pasien maupun keluarga pasien.

Dengan edukasi, lanjut dr. Mundir, pasien akan mendapatkan banyak wawasan yang berkaitan dengan cara penyembuhan penyakit serta cara pencegahan penyakit yang benar.

Sehingga ketika pasien sembuh, kemudian pulang sampai di rumah, dapat mengerti apa yang seharusnya mereka lakukan agar tidak lagi sakit dengan keluhan yang sama.

“Kalau pasien dan keluarganya memiliki pengetahuan tentang cara penyembuhan dan pencegahan penyakitnya, serta keluarga pasien mampu dan mau berpartisipasi secara positif, maka hal ini akan membantu peningkatan kualitas kesehatan masyarakat pada umumnya” terangnya.

Apabila masyarakat melek banyak hal terkait kesehatan, diharapkan pasien tidak lagi kembali ke rumah sakit dengan penyakit serupa.

Selain itu, PKRS juga berusaha menggugah kesadaran dan minat pasien. Keluarga, dan pengunjung rumah sakit diharapkan juga berperan secara proaktif dalam upaya penyembuhan dan pencegahann penyakit.

Senada dr. Mundir, Kasi Informasi dan Pemasaran RSUD dr. Iskak Tulungagung M. Rifai, S Kep, Ners. MH.Kes menambahkan, PKRS dibentuk sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 44 tahun 2018 tentang penyelenggaraan Promosi Kesehatan Rumah Sakit.

Dalam Permenkes tersebut, dijelaskan bahwa PKRS adalah proses memperdayakan pasien, keluarga pasien, sumber daya manusia rumah sakit, pengunjung rumah sakit, dan masyarakat sekitar.

Keberadaan PKRS dengan demikian bertujuan untuk mendorong SDM rumah sakit agar lebih berperan aktif dalam proses asuhan, mendukung perubahan perilaku dan lingkungan, serta menjaga dan meningkatkan kesehatan menuju pencapaian kesehatan yang optimal.

“Setiap rumah sakit wajib mempunyai tim PKRS, karena PKRS merupakan bagian yang tidak terpisah dari program pelayanan kesehatan rumah sakit yang ada,” ungkapnya.

Kata Rifai, untuk mendukung memaksimalkan terlaksananya program, PKRS RSUD dr. Iskak telah menjalin hubungan sinergitas dengan bidang kehumasan RSUD dr. Iskak Tulungagung.

Keduanya saling berkolaborasi dengan perpaduan ide dan gagasan, guna memberikan kemanfaatan yang sama bagi pasien, keluarga pasien, masyarakat maupun untuk rumah sakit itu sendiri.

“Supaya program berjalan dengan baik, dan tidak menggangu tugas pokok dan fungsi antara PKRS dengan humas diperlukan kolaborasi dan koordinasi yang baik,” tambahnya.
(PKRS)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119