Pojok Baca. Sarana Penunjang Edukasi Kesehatan Masyarakat dalam Bingkai Literasi

Pojok Baca. Sarana Penunjang Edukasi Kesehatan Masyarakat dalam Bingkai Literasi

SEBAGAI pelayan publik dibidang kesehatan, RSUD dr. Iskak tidak hanya mengoptimalkan pelayanan dari sisi medis saja. Namun juga didukung dengan fasilitas penunjang lain yang mendukung pemerintah untuk memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat.

Salah satu fasilitas yang disediakan adalah Pojok Baca. Terdapat sekitar 8 pojok baca yang berfungsi sebagai perpustakaan mini di rumah sakit.

Kasi Pemasaran dan Informasi RSUD dr. Iskak, Moch. Rifai mengatakan, kedelapan pojok baca ini tersebar di hampir setiap sudut rumah sakit. Seperti Graha Hita Husada, ruang tunggu apotek, dan bagian depan dekat ruang tunggu jemput pasien.

“Pojok baca ini merupakan salah satu bentuk fasilitas kami untuk memberikan edukasi ke masyarakat, sekaligus masyarakat dapat menambah wawasan baru seputar kesehatan maupun perumahsakitan,” jelasnya.

Rifai melanjutkan, pada pojok baca tersebut terdapat berbagai informasi yang dapat diakses masyarakat melalui leaflet, maupun majalah.

Terdapat sekitar 157 macam leaflet tentang layanan rumah sakit, prosedur, dan juga ragam penyakit yang kerap diderita masyarakat.

“Jadi di pojok baca ini kami desain seperti perpustakaan mini. Masyarakat bisa membacanya sembari menanti antrian, dan leaflet bisa dibawa pulang,” terangnya. Tak hanya fasilitas membaca, di pojok baca masyarakat juga dapat memanfaatkan fasilitas charging atau pengisian daya ponsel. Sehingga akan memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi maupun berinteraksi. (PKRS/AAP)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119