Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Pria Terlalu Lama Gowes Bisa Bikin Impoten, Benarkah?

Pria Terlalu Lama Gowes Bisa Bikin Impoten, Benarkah?

KINI, olahraga bersepeda atau gowes menjadi tren di Tulungagung. Akan tetapi dibalik tren gowes ini, muncul salah satu isu yang membikin resah para laki-laki. Yakni akibat terlalu lama memakai celana ketat dan duduk di sadel sepeda memicu disfungsi ereksi atau impotensi. Benarkah demikian?

dr. Cinta Ayu Abutari, Sp.And, dokter spesialis andrologi RSUD dr. Iskak atau dokter khusus yang menangani kesehatan reproduksi pria, mengatakan, celana gowes didesain ketat, sehingga suhu bisa meningkat di sekitar selangkangan.

”Apabila suhu sekitar selangkangan terlalu panas, itu bisa menyebabkan impotensi,” kata dokter Cinta.

Dokter Cinta menjelaskan, pria dengan memakai celana ketat duduk di atas sadel sepeda, hal itu memberikan tekanan konstan di area antara alat kelamin dan anus.

Tekanan konstan itu bisa menyebabkan saraf dan aliran darah menjadi lambat, dampaknya mati rasa pada penis. Apabila masih berlanjut setelah bersepeda, maka disfungsi ereksi bisa terjadi.

Ia mengatakan, fakta kesehatan ini tidak untuk menakut-nakuti kaum pria untuk bersepeda.

”Para pria bisa menyiasati dengan bersepeda tak terlalu lama,” ujarnya.

”Kalau ada gundukan atau jalan berlubang, bisa tidak duduk di sadel, untuk melindungi mister P dari benturan,” imbuhnya.

Dokter menambahkan setelah gowes, para pesepeda pria dianjurkan memakai celana yang longgar atau sarung. Hal ini untuk mengurangi peningkatan suhu di sekitar celana.

”Selain bersepeda, aktivitas berendam di air hangat atau panas terlalu lama juga bisa menimbulkan masalah ereksi,” paparnya.

Contoh lainnya, terlalu lama memangku laptop, bekerja di dekat mesin yang panas, dan lain sebagainya.

Dokter Cinta menyarankan untuk pria yang mengalami masalah dengan alat reproduksi, agar melakukan pemeriksaan di dokter spesialis andrologi, sehingga bisa diteliti lebih lanjut untuk pengobatannya. ”Kalau malu atau bingung, bisa meminta istri untuk menemani, supaya percaya diri,” tandasnya. (PKRS/MAS)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119