Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Puluhan Nakes RSUD dr. Iskak Diterjunkan Bantu Vaksinasi COVID-19 di Pasar Wage

Puluhan Nakes RSUD dr. Iskak Diterjunkan Bantu Vaksinasi COVID-19 di Pasar Wage

SEDIKITNYA ada 22  tenaga kesehatan (nakes) RSUD dr. Iskak yang diterjunkan ke Pasar Wage untuk membantu pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dengan sasaran kelompok pedagang pasar tradisional.

Mereka, para pedagang dan semua yang bekerja di sekitar pasar, masuk prioritas karena dianggap kelompok risiko tinggi paparan COVID-19.

Kelompok pedagang pasar tradisional ini sama pentingnya dengan orang-orang yang bekerja di sektor pelayanan publik,

seperti halnya golongan ASN, TNI/Polri, tokoh agama/tokoh masyarakat, jurnalis dan lain sebagainya.

Memulai aktivitas pelayanan pukul 07.30 WIB, vaksinasi terpantau ramai diikuti para pedagang hingga sore hari.

Mereka bahkan sudah mengantre, sementara tim vaksinator dari RSUD dr. Iskak mulai sibuk melayani satu per satu peserta vaksinasi.

Tampak Plt Wadir Pelayanan RSUD dr Iskak, dr. Zuhrotul Aini, Sp. A yang juga Ketua Satgas KIPI Kabupaten Tulungagung, memantau langsung jalannya imunisasi yang dipusatkan di lorong pintu masuk Pasar Wage.

Ia tak hanya melihat setiap meja pelayanan demi memastikan prosedur vaksinasi dijalankan dengan benar, namun juga ikut melakukan observasi dan penanganan terhadap peserta yang mengalami gejala KIPI (Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi).

Di Pasar Wage, vaksinasi sudah berlangsung sejak Kamis, 25 Februari 2021 dan dinyatakan tuntas pada Jumat, 26 Februari 2021.

Vaksinasi bagi kelompok pedagang pasar selanjutnya akan dilakukan bergilir ke pasar-pasar tradisional lainnya yang ada di berbagai pelosok Tulungagung.

“Kebetulan kami mendapat tugas untuk melaksanakan vaksinasi (COVID-19) di Pasar Wage, dan Alhamdulillah sejauh ini berjalan lancar. Tidak ada kendala,” ujar Kasi Informasi dan Pemasaran RSUD dr. Iskak Mochamad Rifai, S Kep, Ners, M.HKes usai memantau jalannya vaksinasi.

Rifai mengaku terkesan dengan antusiasme pedagang pasar tradisional yang ingin divaksin COVID-19.

Mereka (para pedagang) berdatangan satu persatu secara bergantian sejak pagi hingga sore hari.

“Alhamdulillah tim bisa menjalankan tugas dengan baik. Semua peserta vaksinasi  bisa terlayani dengan baik,” ujarnya.

Tim vaksinator yang diterjunkan ke pasar Wage meliputi tenaga dokter dan perawat, tenaga administrasi untuk pendaftaran, petugas farmasi dan tenaga IT (Information Technology).

Masing-masing bertugas sesuai kapasitas dan penugasan yang diwenangkan pada meja-meja pelayanan yang telah disediakan.

“Prosedur pelaksanaan vaksinasinya sama seperti vaksinasi kepada nakes beberapa waktu lalu. Mulai dari pasien registrasi, pemeriksaan kesehatan, injeksi vaksin, observasi dan terakhir evaluasi,” paparnya.

Untuk sasaran peserta vaksinasi di pasar tradisional ini tercatat sebanyak 426 orang. Total pedagang pasar tradisional se-Tulungagung yang menjadi target sasaran vaksinasi sendiri sebenarnya mencapai 12 ribuan orang/pedagang.

Gerakan vaksinasi di kelompok pedagang di pasar Ngemplak dan Pasar Wage pada sepekan terakhir diharapkan menjadi pelecut motivasi dan kesadaran par pedagang pasar yang lain untuk mengikuti program imunisasi COVID-19, demi mencapai kekebalan kelompok atau kekebalan bersama (herd immunnity)

Selain itu, dengan adanya pemerataan vaksinasi ini, Satgas Penanganan COVID-19 dan Pemerintah Kabupaten Tulungagung berupaya mencegah terjadinya penularan atau transmisi COVID-19 di tengah masyarakat, khususnya di kalangan pedagang. “Alhamdulilah, dari sasaran sebanyak itu telah tercapai 90 persen lebih. Pada prinsipnya rumah sakit hanya sebagai pelaksana kegiatan vaksinasi,” tutupnya. (PKRS/MFW)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119