7 Oct, 2021

Punya Keluhan Reproduksi Pria? Di Poliklinik Andrologi, Kami Siap Melayani

RAGAM inovasi untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan terus dilakukan oleh RSUD dr Iskak Tulungagung. Terbaru, adalah diresmikannya Poli Andrologi sebagai salah satu layanan yang dapat diakses oleh masyarakat Tulungagung dan sekitarnya.

Seperti diketahui, tak hanya wanita yang memiliki permasalahan dengan kesuburan, pria juga memiliki potensi yang sama besar mengalami gangguan kesuburan. Karena masalah infertilitas atau kemandulan sama-sama dapat dialami oleh keduanya.

Untuk itu, hadirnya Poli Andrologi ini diharapkan mampu menekan angka risiko infertilitas pada pria. Karena di poli ini akan secara khusus menangani masalah kesehatan reproduksi pria, hingga layanan konsultasi mengenai keluarga berencana (KB) untuk pria.

“Andrologi itu cabang ilmu kedokteran yang mengatasi masalah kesuburan dan kesehatan reproduksi pada laki-laki. Di sini, ada berbagai layanan dan juga konsultasi medis di poliklinik andrologi,” terang Dokter Spesialis Andrologi RSUD dr Iskak Tulungagung, dr. Cinta Ayu Abutari, Sp. And.

Layanan pertama seputar gangguan kesuburan pada laki-laki atau infertilitas. Di sini pasien dapat melakukan pemeriksaan analisis andrologi bagi pasangan yang sulit memiliki keturunan.

“Kami akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, kemudian ada edukasi kepada pasien dan pasangan atau keluarga untuk selanjutnya menentukan perawatan atau pengobatan yang sesuai,” terangnya.

Layanan kedua adalah pemeriksaan gangguan seksual pada laki-laki. Seperti ereksi, dan ejakulasi dini. Di sini juga disediakan pelayanan untuk mengatasi gangguan hormon pada laki-laki atau sering disebut hipogonadisme.

“Ada juga pelayanan terapi mikro penis pada anak laki-laki, semua bisa dikonsultasikan dulu kepada kami di Poliklinik Andrologi,” ujar Cinta.

Tak hanya layanan perawatan medis saja, di Poliklinik Andrologi pasien juga dapat memanfaatkan sarana konsultasi untuk permasalahan KB pada pria.

Menurut dia, perubahan kesuburan pada laki-laki sama pentingnya dengan kesuburan wanita untuk diperhatikan. Terlebih bagi pasangan yang sedang menunda memiliki momongan, maupun pasangan yang hendak program hamil (promil). “Jadi tidak hanya kesuburan pada wanita saja, kesuburan pada pria juga harus diperhatikan. Untuk itu bagi masyarakat yang memiliki permasalahan seputar reproduksi pria dapat langsung datang ke Poli Andrologi RSUD dr Iskak Tulungagung,” tutupnya merekomendasi. (PKRS/AAP)

Berita Terkait

Berita Terbaru

Polling

Apakah website ini bermanfaat untuk Anda?