27 Sep, 2021

Punya Keluhan Seputar Pelayanan di RSUD dr. Iskak? PLITP Siap Melayani Anda

SEBAGAI lembaga pelayanan publik yang bergerak di bidang kesehatan, munculnya aneka kritik, aduan hingga komplain atau keluhan dari masyarakat menjadi satu hal yang sangat lumrah. Wajar dan sudah menjadi konsekuensi logis yang tak bisa dihindarkan. Harus dihadapi dan dikelola dengan profesional agar setiap aduan dan komplain masyarakat sebagai pengguna jasa layanan (baik pasien, keluarga pasien maupun warga lainnya) bisa menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan.

Semangat inilah yang melatarbelakangi dibentuknya Pusat Layanan Informasi dan Pengaduan Terpadu (PLIPT) RSUD dr. Iskak Tulungagung. Di posko ini tim manager pelayanan pasien (MPP) siap menjadi fasilitator antara pihak pasien dengan rumah sakit.

“MPP menjadi salah satu penunjang layanan perumahsakitan. Ini karena MPP merupakan garda pertama yang menerima aduan dari masyarakat, sebelum nantinya dilanjutkan ke manajemen,” terang Koordinator MPP RSUD dr Iskak, Eko Suprapto.

Masyarakat pun cukup melaporkan keluhan pelayanan rumah sakit dengan cara telepon, SMS atau bisa juga melalui layanan perpesanan whatsapp ke nomor 0821-3200-2005. Jika masyarakat sedang berada di area rumah sakit, dapat menuju ke posko PLIPT RSUD dr. Iskak Tulungagung, yang berlokasi tepat di pojok kanan pintu masuk penjemputan pasien sembuh.

“Selalu ada petugas kami yang siap untuk menerima keluhan atau aduan anda. Bisa melalui whatsapp atau datang langsung ke PLIPT,” jelas Eko.

Eko melanjutkan, dari laporan itu pihaknya akan melakukan kroscek atau assessment terkait aduan dari masyarakat atau pasien ke bidang-bidang atau ruangan bersangkutan. Alur pengaduan ini untuk memudahkan pemetaan.

“Ketika kami menerima aduan itu harus dicek kembali. Apa betul seperti itu atau ada hal lain, karena komplain itu bermula dari rasa tidak puas,”terangnya.

Beberapa hal yang dapat diadukan terkait pelayanan rumah sakit seperti fasilitas yang diterima maupun hal-hal yang berkaitan dengan penanganan medis. Selain  pengaduan atau komplain, masyarakat juga dapat bertanya berbagai informasi mengenai perumahsakitan kepada MPP maupun di PLIPT, seperti alur layanan BPJS Kesehatan, hingga jadwal poli. (PKRS/AAP)

Berita Terkait

Berita Terbaru

Polling

Apakah website ini bermanfaat untuk Anda?