Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Punya Masalah Gigi Renggang? Begini cara perawatan yang benar menurut drg. Winidiastuti Anitasari, Sp.Perio

Punya Masalah Gigi Renggang? Begini cara perawatan yang benar menurut drg. Winidiastuti Anitasari, Sp.Perio

GIGI yang renggang bisa membikin senyum tak menarik. Namun hal itu bisa dicegah dan dirawat. Perawatan gigi renggang tak bisa dilakukan dalam waktu singkat, karena prosesnya terjadi gigi rengang berlangsung lama.

Sebagaimana dijelaskan drg. Winidiastuti Anitasari, Sp.Perio, dokter spesialis periodensia (penyakit jaringan penyangga gigi) RSUD dr. Iskak, penyebab gigi renggang adalah karang gigi.

Nah, karang gigi ini biasanya terbentuk dari penumpukan plak yang berasal dari sisa-sisa makanan yang berinteraksi dengan bakteri di mulut.

Perawatan gigi renggang harus dilakukan bertahap, seperti membersihkan karang gigi. ”Kalau karang giginya ada di dalam gusi, harus ada pembedahan minor. Dan setelah karang gigi sudah bersih, maka bisa dilakukan pemotongan gigi,” terangnya.

Selanjutnya yang perlu diperhatian yaitu kondisi tulang gigi, hal itu bisa diketahui dengan dilakukan rontgen gigi.

”Kalau tulang gigi berkurang bisa ditambahi tulang buatan atau direkayasa,” kata drg. Winidiastuti.

Perawatan selanjutnya setelah pembersihan karang gigi, yaitu memakai behel, namun bukan behel yang dipakai pasien-pasien yang masih muda. ”Selain itu pasien harus menjaga perawatan gigi di rumah sesuai anjuran dari dokter gigi agar kondisinya kembali stabil,” jelas dia.

”Perlu dicatat pemakaian behel dilakukan setelah pembersihan karang gigi, tidak langsung memakai behel,” kata dia.

Saat disinggung, gigi apa yang rentang menjadi bergeser atau renggang. drg Winidiastuti mengatakan gigi depan paling sering rentan, karena akarnya cuma satu. Sementara gigi di bagian atas memiliki tiga hingga empat akar. ”Semakin sedikit akar giginya, lebih rentang menjadi renggang,” kata dia.

Untuk diketahui, perawatan gigi renggang bisa dilakukan di poli gigi RSUD dr.Iskak. Selama pandemi, semua pasien di poli gigi bakal di-screening atau pengecekan kesehatan untuk virus COVID-19.

”Dokter gigi berpotensi menghadapi risiko tertular COVID-19, sehingga antisipasinya dengan pengecekan kesehatan terlebih dahulu,” ujarnya.

drg. Winidiastuti menambahkan, setiap dokter gigi memakai APD (alat pelindung diri) yang lengkap. Selain itu, setiap berganti pasien di poli gigi, semua alat hingga kursi disemprot disinfektan.

”Kami tidak ingin pasien yang datang untuk perawatan gigi, namun pulang membawa penyakit lain,” kata dia

Beberapa perawatan gigi renggang bisa ditanggung BPJS, untuk tahapan-tahapan tertentu. ”Kami sebelumnya akan menawari perawatan sampai tahapan apa, untuk mengetahui tahapan tersebut ditanggung BPJS,” kata dia. Untuk pedaftaran di poli gigi tak perlu antre, karena bisa melalui aplikasi Si-Poetri (Sistem Informasi Pendaftaran Online Tanpa Antri) yang bisa diunduh di Play Store. (PKRS/MAS)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119