Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini.

Ratusan Anak Nakes Ikuti Vaksinasi Booster

Ratusan Anak Nakes Ikuti Vaksinasi Booster

MENGERNYITKAN dahi, berpegangan erat pada baju yang dikenakan petugas. Malu-malu tapi takut. Bahkan ada yang tertawa santai sembari menyiapkan lengan kirinya.

“Rasanya paling seperti digigit semut kan bu?,” celoteh salah satu anak peserta vaksin kepada petugas.

Begitulah tingkah lucu dari anak-anak peserta vaksin ini. Sejak pagi, ratusan anak-anak dari tenaga kesehatan (nakes) dan sumber daya manusia bidang kesehatan (SDMK) di lingkup RSUD dr Iskak ini tampak antre di lantai 1 gedung Graha Mandiri untuk mendapatkan giliran vaksin.

Pagi itu, RSUD dr Iskak kembali menggelar vaksinasi bagi anak usia 12 – 17 tahun. Yang mana vaksinasi kali ini adalah vaksin dosis kedua, atau biasa disebut vaksinasi booster alias penguat.

Dengan menyasar sekitar 280 anak, kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB ini berjalan lancar.

“Hari ini ada sebanyak 280 anak mengikuti vaksinasi COVID-19 dosis kedua. Jumlah ini dari total SDMK kami sebanyak 1.900 orang,” terang Wadir Pelayanan RSUD dr Iskak dr Zuhrotul Aini Sp.A.

Aini mengatakan, pemberian vaksinasi dosis kedua ini sangat penting untuk memaksimalkan perlindungan tubuh dari COVID-19. Karena jika seseorang tidak menerima vaksin secara lengkap, dikhawatirkan akan lebih mudah terpapar.

Untuk dosis pertama, vaksin berfungsi sebagai pemicu kekebalan tubuh. Dengan masuknya vaksin pada tubuh, diharapkan tubuh dapat mengenali virus dan dapat membentuk perlindungan diri.

Sementara untuk dosis kedua, vaksin berfungsi sebagai penguat kekebalan tubuh.

Tubuh yang telah membentuk antibodi pasca suntikan vaksin pertama, akan melemah seiring berjalannya waktu. Untuk itu diperlukan booster sebagai penguat agar kekebalan yang sudah terbentuk dapat bekerja lebih maksimal.

“Harapannya dengan adanya penyuntikkan ini dapat memacu kekebalan tubuh anak-anak,” ujar Aini.

Vaksinasi bagi anak ini sejalan dengan program pemerintah pusat dan daerah untuk mengejar kekebalan kelompok (herd immunity). Ini sekaligus komitmen dari RSUD dr Iskak untuk memberikan perlindungan bagi nakes dan keluarga.

Tak hanya itu, vaksinasi anak ini juga bentuk dukungan untuk membantu melakukan vaksinasi secara masif.

Hal ini berkaitan telah dimulainya pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) sejak September lalu.

Sama seperti vaksinasi pada usia dewasa, vaksinasi pada anak ini menggunakan vaksin Sinovac.

Alur vaksinasi pun dimulai dari meja pendaftaran dan berlanjut pada pemeriksaan kesehatan (screening).

Jika lolos pemeriksaan, maka vaksin dapat diberikan. Usai mendapatkan vaksin, peserta wajib untuk istirahat sekitar 30 menit untuk dilakukan pemantauan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). (PKRS/AAP)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119