Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini.

RSUD dr. Iskak Back Up Vaksinasi Masal ISNU Jatim di UIN SATU

RSUD dr. Iskak Back Up Vaksinasi Masal ISNU Jatim di UIN SATU

RSUD dr. Iskak turut ambil bagian dalam gelaran vaksinasi massal yang diselenggarakan oleh Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Timur di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU), Sabtu, 18 September 2021. Mengerahkan tim nakes terbaiknya, rumah sakit daerah yang barusan dinobatkan sebagai BUMD terbaik nasional atau “Top of the Top” BUMD 2021 ini menjadi penyangga yang mem-back up penuh suksesnya vaksinasi masal yang diikuti 5.400-an itu.

RSUD dr. Iskak sendiri mengirimkan sebanyak 35 tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas sebagai vaksinator. Ke-35 nakes ini terbagi dalam tiga tim. Hal ini karena sasaran peserta vaksinasi mencapai ribuan orang.

“Karena sasaran vaksinasi cukup banyak, maka kami mengirimkan sebanyak tiga tim yang bertugas,” kata Kasi Pemasaran dan Informasi RSUD dr Iskak, Mochammad Rifai.

Untuk meminimalisir terjadinya kerumunan peserta vaksinasi, panitia pun telah menyiapkan sedikitnya 10 pos untuk vaksinasi. Selain itu, panitia juga telah menyiapkan pos transit bagi peserta vaksinasi.

“Pos transit ini berfungsi untuk mengurai peserta. Jika ada penumpukan di salah satu pos maka akan dialihkan ke pos lain atau peserta diminta untuk menunggu di pos transit,” terangnya.

Rifai mengakui selama ini sasaran vaksinasi ini didominasi oleh masyarakat berusia sekolah. Hal ini karena pemerintah telah memutuskan untuk menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas.

“Sebenarnya sasaran vaksinasi ini dimulai usia 12 tahun sampai lansia. Namun sebagian besar dari kalangan anak-anak sekolah,” imbuhnya.

Melihat tingginya antusiasme masyarakat, RSUD dr. Iskak sebagai salah satu fasyankes yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menyelenggarakan vaksinasi akan mendukung kegiatan-kegiatan serupa. Terlebih bertujuan untuk mencapai herd immunity dan menekan angka kesakitan (fatality rate). Termasuk jika nantinya diminta untuk mendukung kegiatan vaksinasi bagi mahasiswa.  

Dalam kegiatan tersebut juga didukung oleh berbagai fasyankes lain, seperti Puskesmas Bandung, RS Bhayangkara, RSI Orpeha, RS Putra Waspada, RS Era Medika, dan RSI Muhammadiyah Bandung. Rencananya, penyuntikan vaksin dosis kedua akan digelar 16 Oktober.

Kegiatan tersebut juga mendapat apresiasi langsung dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dan turut dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Tulungagung. Ia berharap target untuk mencapai kekebalan komunal (herd immunity) terus digenjot oleh pemerintah. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menggelar vaksinasi massal bagi masyarakat umum. RSUD dr Iskak sebagai salah satu fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yang ada di Jawa Timur, turut mendukung kegiatan vaksinasi tersebut.  (PKRS/AAP)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119