RSUD dr. Iskak Buka Layanan Vaksinasi Booster untuk Masyarakat

DITUNJUK sebagai salah satu pos vaksinasi COVID-19, membuat RSUD dr. Iskak membuka layanan vaksinasi booster atau dosis ketiga bagi masyarakat umum. Upaya ini dilakukan untuk memberikan perlindungan maksimal kepada masyarakat Tulungagung, dan mengurangi angka kesakitan akibat COVID-19.

Humas RSUD dr. Iskak, Mochamad Rifai mengatakan, layanan vaksinasi booster atau dosis ketiga ini diberikan setiap hari selasa dan jumat, mulai pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB.

“RSUD merupakan satu dari 12 fasyankes yang ditunjuk oleh Dinkes Kabupaten Tulungagung untuk menjadi pos vaksinasi booster bagi masyarakat,” jelasnya.

Rifai melanjutkan, vaksin booster atau vaksin dosis ketiga ini diperuntukkan bagi warga berusia diatas 18 tahun, dan telah menerima vaksin primer, atau vaksin dosis pertama dan kedua secara lengkap.

“Sesuai dengan ketentuan, bagi yang sudah menerima vaksin primer lengkap minimal 6 bulan setelah dosis kedua diperbolehkan mendapatkan vaksin booster ini,” terangnya.

Sama seperti sebelumnya, pelaksanaan vaksinasi pun dilakukan secara bertahap dan terjadwal. Caranya, masyarakat dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan cara mengakses https://bit.ly/vaksin-rsud-iskak. Calon peserta vaksin dapat memilih jadwal sesuai keinginan.

Untuk jadwal vaksin hari selasa, peserta harus mendaftarkan diri paling lambat pada hari senin pukul 13.00 WIB. Sementara untuk jadwal vaksinasi hari jumat, peserta harus mendaftarkan diri paling lambat hari kamis pukul 13.00 WIB.

“Penjadwalan ini supaya tidak berjubel, dan masyarakat dapat terlayani dengan baik,” imbuhnya.

Rifai pun mengimbau agar masyarakat tidak perlu antre sedari pagi untuk mendapatkan vaksin. Sebab, program vaksinasi akan dilaksanakan hingga satu bulan kedepan dengan mengikuti petunjuk dari Dinas Kesehatan terkait.

“Artinya masyarakat memiliki waktu yang cukup untuk melakukan vaksinasi. Jadi tidak perlu terburu-buru,” ujarnya.

Tak hanya vaksinasi booster, RSUD dr.Iskak juga membuka layanan vaksinasi primer atau dosis satu dan dua bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksin. Caranya pun sama, masyarakat pun cukup mendaftarkan diri secara online, dan membawa kartu identitas atau e-KTP saat melakukan vaksinasi.

Sementara terkait persiapan sebelum vaksinasi, masyarakat disarankan agar menyiapkan diri terlebih dahulu. Seperti istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan yang tepat dan bergizi, dan juga konsumsi vitamin jika diperlukan. Hal ini dapat membantu tubuh agar lebih siap dan fit saat menerima suntikan vaksin. Sehingga meminimalisir terjadinya KIPI sedang dan berat. (PKRS/AAP)

Berita Terkait

Berita Terbaru

Polling

Apakah website ini bermanfaat untuk Anda?