Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

RSUD dr. Iskak Gelar Bimbingan Teknis Kegawatdaruratan Bayi Baru Lahir 2020

RSUD dr. Iskak Gelar Bimbingan Teknis Kegawatdaruratan Bayi Baru Lahir 2020

RSUD dr. Iskak Tulungagung, Senin menggelar pelatihan khusus kepada sejumlah tenaga dokter, bidan dan perawat mengenai tatalaksana penanganan bayi baru lahir untuk mencegah/meminimalkan risiko kematian, kesakitan ataupun kecacatan terhadap bayi baru lahir.

Peningkatan (upgrading) kapasitas tenaga medis itu sesuai rencana digelar mulai Senin (7/9/2020) hingga Kamis (10/9/2020) dengan melibatkan Balai Diklat PSDM RSUD dr. Iskak Tulungagung.

Tak hanya melatih dokter, bidan dan perawat dalam hal tindakan kegawatan ibu melahirkan, mereka juga diberi materi penanganan bayi baru lahir secara aman dan tetap mengindahkan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 ini.

Acara pelatihan dan bimbingan teknis kegawatdaruratan bayi baru lahir ini dibuka langsung oleh Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD dr. Iskak Tulungagung dr. Zuhrotul Aini, Sp. A.

Ia dalam sambutannya banyak menjelaskan tujuan diselenggarakan pelatihan tersebut, yakni untuk mengasah kemampuan dan mengupdate atau meng-upgrading pengetahuan para tenaga medis dan tenaga kesehatan supaya dapat memberikan pelayanan kegawatan neonatal yang komprehensif dan kontinyu (berkesinambungan).⁣

Kata dia, masalah utama bayi baru lahir pada masa perinatal dapat menyebabkan kematian, kesakitan dan kecacatan.

“Hal ini merupakan akibat dari kondisi kesehatan ibu yang jelek, perawatan selama kehamilan yang tidak baik, penanganan selama persalinan yang tidak tepat atau terlambat, serta perawatan neonatal yang tidak tepat dan akurat,” kata Dokter Aini.

Pelatihan kali ini diikuti oleh dua (2) angkatan, untuk tiap-tiap angkatan terdiri dari dua hari pelaksanaan.

Dimulai hari senin dan berakhir sampai hari kamis, peserta mengikuti pelatihan dengan semangat dan antusias dengan dibimbing oleh Dokter Spesialis yang kompeten di bidangnya.⁣

Dijelaskannya, di dalam keadaan tanpa pandemi COVID-19, penatalaksanaan bayi baru lahir dilakukan dengan sangat hati-hati.

Apalagi hal ini dilakukan pada saat sekarang ini dalam masa pandemi covid 19.

Keselamatan pasien merupakan prioritas utama dengan tanda kutip tidak mengabaikan keselamatan petugas medis tentunya.⁣

Sobat Iskak, wabah COVID-19 masih berlangsung. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, rajin cuci tangan dan hindari keramaian. Salam sehat!.
(PKRS)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119