Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

RSUD dr ISKAK PRIORITASKAN KESELAMATAN PASIEN

RSUD dr ISKAK PRIORITASKAN KESELAMATAN PASIEN

Pernahkah Anda melihat slogan “Mengutamakan Keselamatan Pasien” saat berkunjung ke rumah sakit? Jika iya, rumah sakit tersebut dipastikan telah menerapkan prinsip keselamatan pasien sebagai standar pelayanan kesehatan.

Slogan terebut juga terpampang jelas di salah satu sudut Rumah Sakit Umum Daerah dr Iskak Tulungagung. Di rumah sakit ini, keselamatan pasien (patient safety) menjadi prioritas utama setiap tindakan medis, baik di instalasi maupun ruangan rawat inap dan rawat jalan.

Salah satu pesan moral yang dimaksud dalam slogan itu adalah mengendalikan komersialisasi pelayanan kesehatan dan eksploitasi pasien oleh rumah sakit. Semua pekerja di rumah sakit akan selalu diingatkan bahwa kewajiban mereka paling utama adalah keselamatan pasien. Bahkan saat mereka tidak membawa cukup uang untuk membayar biaya pengobatan sekalipun.

Prinsip kehati-hatian ini juga termasuk saat memberikan pengobatan kepada pasien, terutama pasien rawat inap dan rawat jalan. Tingginya interaksi perawat dengan pasien rawat inap memaksa setiap pekerja rumah sakit memahami prosedur tindakan medis, termasuk memberikan obat dengan dosis dan cara yang tepat. “Itu semua bagian dari upaya mengutamakan keselamatan pasien,” kata Mochamad Rifai, Kasi Informasi dan Pemasaran RSUD dr Iskak Tulungagung.

Untuk menekan terjadinya insiden sekecil apapun dalam perawatan, Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit (KKPRS) RSUD dr Iskak melakukan evaluasi rutin tiap 6 bulan hasil pemantauan insiden keselamatan pasien.

dr. Yusfita Efi Rosdiana Sp.PA, anggota KKPRS RSUD dr Iskak mengatakan pengawasan prosedur penanganan pasien di rumah sakitnya selalu menjadi prioritas. Bahkan secara periodik, KKPRS meminta laporan masing-masing instalasi dan ruangan tentang peristiwa atau insiden yang menyangkut penanganan pasien.

“Seluruh kepala ruangan dan instalasi selalu melaporkan semua insiden yang terjadi kepada kami, sekecil apapun,” kata dr Efi usai memimpin evaluasi hasil pemantauan insiden keselamatan pasien periode Januari – Juni 2018.

Melalui evaluasi tersebut, Komite Keselamatan Pasien akan mengenali semua bentuk insiden yang terjadi, melakukan pemecahan dan rencana tindak lanjut untuk menghindari terjadinya kembali di kemudian hari. Seluruh prosedur penanganan, menurut dr Efi, akan selalu memprioritaskan keselamatan pasien.


Tak hanya mempelajari dan menerima laporan insiden yang terjadi di instalasi dan ruangan, Komite Keselamatan Pasien juga mendeteksi dan mengelompokkan insiden sebagai kejadian nyaris cidera, potensi cidera, tidak menimbulkan cidera dan kejadian tidak diharapkan. “Prinsipnya bagaimana seluruh tindakan kami selalu memprioritaskan keselamatan pasien, sehingga semua kejadian yang berpotensi cidera ataupun tidak, wajib dikaji dan dicari akar masalahnya agar tidak terulang kembali” jelas dr Efi.

Komite Keselamatan Pasien memperoleh laporan insiden dari berbagai unit dan instalasi yang memberikan pelayanan kepada pasien. Hal ini menunjukkan tingginya pemahaman dan kesadaran seluruh petugas rumah sakit untuk selalu mengutamakan keselamatan pasien.

Komite Keselamatan Pasien juga sangat terbuka terhadap masukan dan laporan dari siapapun, jika mengalami insiden selama proses perawatan. Keterbukaan ini juga menjadi budaya kerja institusi RSUD dr Iskak untuk selalu berbenah meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat.

“Kami juga meminta kesadaran semua petugas ruangan dan instalasi untuk melaporkan insiden apapun kepada kami, demi perbaikan pelayanan,” tegas dr Efi. (*)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119