Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

RSUD dr Iskak terima bantuan ventilator dari Pemprov Jatim

RSUD dr Iskak terima bantuan ventilator dari Pemprov Jatim

Dukungan sarana dan prasarana kesehatan kembali diterima RSUD dr Iskak Tulungagung. Setelah sebelumnya mendapat bantuan 120 APD (Alat Pelindung Diri) baju hazmat dari Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI La Nyalla Mattalitti, Jumat (18/9/2020) ini giliran Pemprov Jatim menyerahkan hibah alat kesehatan berupa dua unit ventilator.

Tak hanya RSUD dr Iskak yang mendapat bantuan alkes ventilator. Sebanyak 14 rumah sakit rujukan COVID-19 lain di Jawa Timur juga menerima hibah yang sama.

Serah terima bantuan dilakukan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat kunjungan kerjanya di Caruban, Madiun, Jumat (18/09/2020).

Bertempat di Pendopo Ronggo Jumeno Caruban, Direktur RSUD Dr. Iskak Tulungagung dr. Supriyanto, Sp.B, M.Kes menghadiri dan menerima bantuan alat ventilator dalam acara pembagian alat ventilator kepada rumah sakit rujukan COVID-19 oleh pemerintah Provinsi Jawa Timur tersebut.⁣

Pemerintah terus bekerja keras untuk meningkatkan angka kesembuhan pasien COVID-19.⁣

“Dengan adanya bantuan ventilator ini kami sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemprov Jatim. Ini sangat membantu kami dalam penyediaan alat kesehatan bagi penderita COVID-19,” ujar dr. Supriyanto, Sp.B, M.Kes usai menerima bantuan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap tingkat persebaran COVID-19 di Jatim semakin bisa dikendalikan. Demikian pula sebaliknya tingkat kesakitan dan kematian bisa semakin diantisipasi.⁣

Dikutip Liputan6.com, ventilator-ventilator yang dihibahkan Khofifah ke puluhan rumah sakit di Jawa Timur dalam beberapa hari terakhir merupakan bantuan dari USAID, yang disalurkan melalui Kementerian Kesehatan.

Ventilator bantuan Kementerian Kesehatan

Total ada 210 unit ventilator dari Kementerian Kesehatan yang akan diserahkan secara bertahap ke kabupaten/kota di Jatim yang masih membutuhkan.

“InsyaAllah dalam sepekan ini setiap hari kami akan mendistribusikan ventilator ke kabupaten atau kota sesuai titik-titik yang paling membutuhkan sesuai surat permohonan yang telah kami terima. Ini menjadi upaya untuk memaksimalkan pelayanan kuratif bagi pasien COVID-19 supaya mereka terlayani dengan baik di rumah-rumah sakit rujukan,” kata Khofifah.

Ia menuturkan, dengan adanya bantuan ventilator pihaknya berharap tingkat kesembuhan COVID-19 di Jatim semakin meningkat, dan sebaliknya tingkat kematiannya bisa semakin menurun.

Tingkat kesembuhan di Jatim hingga pertengahan September 2020, total berjumlah 31.243 orang atau 80,50 persen.
(PKRS)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119