Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Sakit Perut? Kenali Tanda Awal Hepatitis

Sakit Perut? Kenali Tanda Awal Hepatitis

SERING kali kita mengabaikan sakit perut, padahal sakit perut bisa menjadi tanda dari penyakit serius, bahkan bisa mengakibatkan kematian.Salah satu penyakit yang ditandai dengan sakit perut adalah hepatitis. Hepatitis adalah istilah umum penyakit yang merujuk pada peradangan yang terjadi di hati. Hepatitis umumnya disebabkan oleh infeksi virus, meskipun juga dapat disebabkan kondisi lain. Beberapa penyebab hepatitis selain infeksi virus adalah kebiasaan minum alkohol, penyakit autoimun, serta zat racun atau obat-obatan tertentu.

Hepatitis yang terjadi dapat bersifat akut maupun kronis.Seseorang yang mengalami hepatitis akut dapat memberikan beragam manifestasi dan perjalanan penyakit. Mulai dari tidak bergejala, bergejala dan sembuh sendiri, menjadi kronis, dan yang paling berbahaya adalah berkembang menjadi gagal hati. Bila berkembang menjadi hepatitis kronis, dapat menyebabkan sirosis dan kanker hati (hepatocellular carcinoma) dalam kurun waktu tahunan.

Pengobatan hepatitis sendiri bermacam-macam sesuai dengan jenis hepatitis yang diderita dan gejala yang muncul. Dokter spesialis penyakit dalam RSUD dr Iskak Tulungagung, dr Hengki Wijaya Sp.PD ungkapkan, ada bebrerapa jenis penyakit hepatitis.

Hepatitis A. Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV). Hepatitis A biasanya ditularkan melalui makanan atau air minum yang terkontaminasi feses dari penderita yang mengandung virus hepatitis A.

Hepatitis B. Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV). Hepatitis B dapat ditularkan melalui cairan tubuh yang terinfeksi virus hepatitis B. Cairan tubuh yang dapat menjadi sarana penularan hepatitis B adalah darah, cairan vagina, dan air mani. Karena itu, berbagi pakai jarum suntik serta berhubungan seksual tanpa kondom dengan penderita hepatitis B dapat menyebabkan seseorang tertular penyakit ini.

Hepatitis C. Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis C (HCV). Hepatitis C dapat ditularkan melalui cairan tubuh, terutama melalui berbagi pakai jarum suntik dan hubungan seksual tanpa kondom. Hepatitis D. Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis D (HDV). Hepatitis D merupakan penyakit yang jarang terjadi, namun bersifat serius. Virus hepatitis D membutuhkan virus hepatitis B untuk menjangkiti sel hati. Hepatitis D ditularkan melalui darah dan cairan tubuh lainnya.

Hepatitis E. Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis E (HEV).Hepatitis E mudah terjadi pada lingkungan yang tidak memiliki sanitasi yang baik, akibat kontaminasi virus hepatitis E pada sumber air.

Untuk hepatitis B dan C juga dapat juga dapat ditularkan oleh ibu kepada bayinya melalui jalan lahir.

Selain disebabkan oleh virus, hepatitis juga dapat terjadi akibat kerusakan pada hati oleh senyawa kimia, terutama alkohol. Konsumsi alkohol berlebihan akan merusak sel-sel hati secara permanen dan dapat berkembang menjadi gagal hati atau sirosis. Penggunaan obat-obatan melebihi dosis atau paparan racun juga dapat menyebabkan hepatitis.

Gejala umum yang muncul dalam hepatitis biasanya sakit perut serta mata dan kulit berwarna kuning. Selain itu air seni pasien akan berwarna keruh seperti teh. Namun gejala itu tidak muncul pada hepatitis B dan C. Pada hepatitis B dan C awalnya tidak ada gejala hingga timbul kerusakan hati karena virus, sehingga biasanya diagnosa penyakit ini terlambat. Umumnya hepatitis bisa sembuh dengan pengobatan yang benar.

Pengobatan yang diberikan kepada penderita hepatitis bergantung kepada penyebabnya. Pemantauan kondisi fisik pasien selama masa penyembuhan hepatitis sangat diperlukan agar proses pemulihan bisa berjalan dengan baik. Aktivitas fisik yang melelahkan harus dihindari selama masa penyembuhan hingga gejala mereda. Penyakit ini bisa dicegah dengan pola hidup sehat, seperti menjaga kebersihan makanan yang akan dikonsumsi, cuci tangan setelah menyentuh benda yang kotor dan menggunakan air yang bersih. (*)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119