Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Sanjungan dari Berbagai Pihak

Sanjungan dari Berbagai Pihak

ATAS inovasi yang dimunculkannya, RSUD dr Iskak menerima sanjungan dari berbagai pihak. Salah satunya dari Menteri Kesehatan RI Nila Farid Moeloek dalam kunjungannya ke rumah sakit daerah Tulungagung ini pada awal 2016. Ia mengapresiasi inovasi yang diluncurkan RSUD dr Iskak Tulungagung. Inovasi layanan publik TEMS bahkan kemudian diadopsi sebagai percontohan nasional, dan kemudian banyak ditiru berbagai daerah di Tanah Air.

Baca Juga: Tiru Amerika, RS Tulungagung Dipuji Menkes, Kenapa?

Selain itu Menkes Nila Moeloek mengakui jika program panggilan gawat darurat bernomor (0355) 320 119 ini baru ada di Kabupaten Tulungagung dan mengalahkan layanan kesehatan di rumah sakit Jakarta sekalipun. Pemerintah pusat saat ini juga tengah menggagas layanan penanganan gawat darurat terpadu melalui sambungan telepon 119.

Program ini dinamai National Comand Center. Namun layanan yang melibatkan banyak perangkat keselamatan ini rencananya baru akan terealisasi tahun ini, 2019. Penghargaan juga datang dari forum layanan publik (public service forum) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam kompetisi inovasi pemerintah tingkat dunia.

Kabupaten Tulungagung sebagai entitas pemerintah daerah, dinilai sukses menerapkan manajemen kegawatdaruratan yang mampu menekan angka kematian cukup signifikan. Forum tingkat dunia yang berlangsung di Marrakesh, Kerajaan Maroko, pada tanggal 21-23 Juni 2018 dengan tema “Transformasi pemerintahan untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan” ini, mengundang sejumlah lembaga pemerintah dari berbagai belahan dunia yang dinilai memiliki inovasi.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Iskak Tulungagung, dr Supriyanto Dharmoredjo, SpB, FINACS, yang turut diundang dalam forum itu, menyampaikan presentasi tentang Layanan Instalasi Gawat Darurat Modern (INSTAGRAM) dan Tulungagung Emergency Medical Service (TEMS) yang menjadi percontohan nasional. Inovasi ini ternyata mampu meningkatkan kepuasaan masyarakat.

Berdasarkan laporan suvei kepuasan pasien RSUD dr Iskak Tulungagung 2016, angkanya terus meningkat dari tahun 2011 sampai 2016. Sebelum adanya inovasi TEMS ini, pada tahun 2011 angka kepuasaan mencapai 74,51 poin dan menurun pada 2012 menjadi 73,68. Pada tahun 2013 kepuasaan meningkat tipis menjadi 73,88 poin, berlanjut pada 2014 sebesar 76,95 poin, 2015 sebesar 78,84 poin, dan pada tahun 2016 meningkat pesat menjadi 81,97 poin.

Inovasi yang dihadirkan RSUD dr Iskak Tulungagung ternyata mampu meningkatkan kepuasan bagi para pasien dalam menerima pelayanannya. Lebih istimewa lagi, inovasi ini teruji mampu menurunkan angka kematian kurang dari 24 jam, kecacatan permanen, dan hilangnya nyawa pasien. Ditambah masyarakat mudah untuk mengakses Instalasi Gawat Darurat (IGD) mampu meningkatkan pengurangan kematian di wilayah Tulungagung. (*)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119