Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Sariawan Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Gejala Awal Kanker Mulut

Sariawan Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Gejala Awal Kanker Mulut

JIKA Anda mengalami sariawan, biasanya santai karena bisa sembuh dengan sendirinya. Upaya penyembuhan yang sering dilakukan yaitu memperbanyak asupan vitamin C.

Akan tetapi, jangan remehkan penyakit sariawan yang tak kunjung sembuh dalam waktu satu bulan, serta luka sariawannya hanya pada satu titik, bisa jadi pertanda dari gejala awal penyakit kanker mulut. Tapi, tak perlu khawatir, jika memang kondisi sakitnya berlanjut, segera mungkin memeriksakannya di puskesmas atau rumah sakit terdekat.

drg. Dorisna, Sp. PM, dokter gigi spesialis penyakit mulut RSUD dr. Iskak menjelaskan, gejala kanker di dalam rongga mulut bisa dikenali lebih awal dengan adanya sariawan.

“Gejalanya ada kemiripan dengan luka sariawan umumnya, namun ada sedikit perbedaan, yaitu keluhan sariawan yang mengarah ke kanker itu biasanya rasa sakitnya tak kunjung sembuh lebih dari sebulan,” kata drg. Dorisna saat acara talkshow interaktif di kanal sosial media (sosmed) RSUD dr. Iskak pada Kamis siang, 18 Februari 2021.

Luka sariawan yang mengarah pada gejala awal kanker rongga mulut itu hampir mirip dengan sariawan biasa, yaitu luka sariawan yang umumnya berada di lapisan kulit bagian dinding mulut, lidah, gusi, dan bagian lainnya. Penyakit mulut sariawan bisa menimbulkan rasa nyeri.

 “Biasanya sariawan yang mengarah pada gangguan kesehatan yang cukup serius ini bisa dicurigai jika luka sakitnya berada di satu tempat yang sama,” paparnya.

“Artinya jika sariawan di lidah maka luka sakitnya akan bertahan tetap di lidah dan tidak berpindah- pindah,” tambahnya.

Selain luka sariawan yang tidak kunjung sembuh di satu tempat, indikasi lainnya juga bisa dilihat dari bentuk lukanya, seperti terdapat bercak warna kuning, putih, dan diameter luka sariawan semakin lama semakin melebar, bisa jadi bentuknya cekung, tepi lukannya meninggi.

”Untuk memastikan harus dilakukan pemeriksaan secara klinis terlebih dahulu di sekitar gigi,” ujar drg Dorisna.

”Jika luka yang menyerupai sariawan ini karena faktor dari gesekan akar gigi rusak, artinya tidak mengarah ke keganasan (kanker), tapi karena faktor goresan dari akar gigi,” imbuhnya.

drg. Dorisna mengingatkan, jika seseorang mengalami hal yang serupa sebaiknya harus meningkatkan kewaspadaan supaya segera mungkin melakukan pemeriksaan keluhannya sedini mungkin melalui pelayanan kesehatan supaya tidak terjadi resiko yang lebih parah. “Kalau sudah diobati dan tak kunjung sembuh, sebaiknya lakukan pemeriksaan pada ahlinya,” tutupnya. (PKRS/MFW)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119