Survei IKM 2021: Berkat Layanan Prima, Tingkat Kepuasan Masyarakat Terus Meningkat

Survei IKM 2021: Berkat Layanan Prima, Tingkat Kepuasan Masyarakat Terus Meningkat

RSUD dr. Iskak membuktikan telah menjadi salah satu fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan secara baik dan optimal kepada masyarakat.

Hal itu didukung dengan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang baru saja keluar hasilnya. Secara umum, pelayanan yang dilakukan rumah sakit plat merah milik Pemkab Tulungagung mendapatkan nilai 85,64, termasuk kategori Baik.

Pelayanan Instalasi Rawat Inap mendapatkan nilai paling tinggi, yakni 86.50. Pelayanan Rawat Jalan berada di nomor dua, sementara IGD (Instalasi Gawat Darurat) memiliki nilai IKM paling rendah, yakni 84.22, namun masih masuk dalam kategori Baik.

Kasi Informasi dan Pemasaran RSUD dr. Iskak Tulungagung Mochamad Rifai, S Kep, Ners. MH. Kes menjelaskan survei IKM RSUD dr. Iskak dijalankan pada Bulan Juni 2021.

Survei ini dilakukan di semua layanan, seperti  IGD (Instalasi gawat Darurat), Instalasi Rawat Jalan (Poliklinik, Poli Eksekutif, dan lainnya) hingga Instalasi Rawat Jalan (Irna Wijaya Kusuma, Irna Flamboyan, Irna Sedap Malam hingga  Graha Mandiri yang baru)

Responden diambil dari pengunjung RSUD dr. Iskak sejumlah 1.228, serta dipilih secara acak oleh tim survei.

”Tim survei ini dilakukan oleh pihak ketiga yang independen, mereka memberikan sejumlah pertanyaan kepada responden terkait pelayanan rumah sakit,” terang Rifai.

Responden didominasi oleh perempuan, dengan pendapatan Rp 500 ribu hingga Rp 1 Juta dalam satu bulan, dan memiliki kendaraan roda dua.

Alasan responden memilih RSUD dr. Iskak, karena fasilitas kesehatannya yang lengkap dan SDM yang memadai.

”Setiap pasien yang datang ke RSUD dr. Iskak, maka akan dilayani sesuai dokter spesialis yang bersangkutan

Perilaku karyawan rumah sakit dalam melayani juga disurvei, responden menilai hasilnya baik. Sarana dan prasarana memiliki kategori penilaian paling tinggi.

Hasil survei di pelayanan rawat jalan, poli mata paling baik, poli kulit dan kelamin terendah, namun masih dalam kategori baik.

Sedangkan pelayanan rawat inap, gedung rawat inap yang baru yakni Graha Mandiri memperoleh nilai yang paling baik, paling rendah Irna Bougenvile, namun masih dalam kategori baik.

Pada kurun satu dasawarsa terakhir, nilai IKM RSUD dr. Iskak sempat naik-turun di awal, namun kemudian tren-nya terus meningkat.

Pada Tahun 2010, IKM saat itu mencapai 76,00. Setahun berikutnya, 2011, index kepuasan masyarakat turun menjadi 73,59.

Sempat naik tipis pada 2012 dengan nilai 73,88, naik lagi pada 2013 sebesar 75,51. IKM kembali turun tipis pada 2014 menjadi 75,04.

Setelah itu, IKM cenderung naik terus hingga sekarang. Pada 2015 IKM tercatat sebesar 77,6, kemudian pada 2016 sebesar 82,63, tahun 2017 sebesar 82,66, tahun 2018 sebesar 83,05, tahun 2019 sebesar 84,45, tahun 2020 semester I sebesar 85,12, tahun 2020 semester II sebsar 85,63.

Hasil IKM tahun 2021 RSUD dr. Iskak mengalami kenaikan yang sangat sedikit dari hasil IKM tahun 2020 semester ke-2, yaitu naik 0,01 poin dari 85,63 menjadi 85,64.

Sementara itu, kritik dan saran yang diterima yaitu mengenai administrasi, sumber daya manusia, sarana dan prasarana. Contohnya responden meminta tempat duduk di ruang tunggu ditambah kapasitasnya.

Rifai menambahkan, tim manajemen RSUD dr. Iskak berupaya melakukan evaluasi dari hasil IKM agar tahun-tahun berikutnya dapat memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat. (PKRS/MAS)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119