Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Tak Perlu Takut untuk Berobat ke RSUD dr. Iskak

Tak Perlu Takut untuk Berobat ke RSUD dr. Iskak

Era pandemi COVID-19 membikin sebagian orang ragu untuk kontrol kesehatan ke rumah sakit, karena takut terinfeksi virus Corona. Namun keraguan tersebut hendaknya diantisipasi jika seseorang memiliki penyakit kronis yang membuat daya tahan tubuh melemah.

Rumah sakit sendiri tentunya sudah menjalankan protokol kesehatan (prokes), agar pasien yang memiliki penyakit non-COVID-19 bisa berobat tanpa tertular virus Corona. Nah, Seperti yang dilakukan oleh RSUD dr Iskak yang menerapkan berbagai antisipasi penularan virus di berbagai pelayanan kesehatan.

Kasi Informasi dan Pemasaran RSUD dr. Iskak Tulungagung Mochamad Rifai, S Kep, Ners. MH. Kes mengatakan, semua sarana dan prasarana yang ada di rumah sakit selalu menerapkan standar prokes yang berlaku.

Misalnya, tempat pelayanan hubungan masyarakat (humas), resepsionis, terdapat pembatas sehingga tidak terjadi kontak langsung antara satu dengan lainya.

Kemudian, fasilitas tempat duduk di semua ruang tunggu pasien yang tersedia dipastikan aman karena sebelum orang datang telah disemprot disinfektan. Selain itu, tempat duduk juga diatur jaraknya minimal satu meter.

“Semua diatur berdasarkan prokes yang ada, selain itu pengawasannya sangat ketat, tujuannya meminimalisir terjadinya paparan virus corona,” kata Rifai.

Selain itu, tenaga medis, paramedis, perawat dan seluruh karyawan yang bertugas di RSUD dr. Iskak selalu dilakukan screening atau pengecekan kesehatan secara ketat. Lalu  nakes yang bertugas di IGD (intalasi gawat darurat) dan lainnya wajib memakai APD (alat pelindung diri), sehingga nakes bisa memberikan pelayanan kepada pasien dalam keadaan aman.

“Oleh karena itu, pasien yang ingin berobat atau  kontrol kesehatan kini tidak perlu takut lagi. Jika takut, apapun keluhannya jika tidak segera diobati  justru membahayakan dirinya sendiri,” Paparnya.

Tak hanya itu, setiap pasien sakit yang datang dan dirujuk ke RSUD dr. Iskak wajib untuk dilakukan swab test terlebih dahulu guna mengetahui terpapar virus Corona atau tidak.

Jika hasilnya swab positif, maka ditempatkan di ruangan isolasi, sebaliknya jika hasilnya negatif, harus di ruangan non-COVID-19. Hal itu dilakukan untuk melindungi nakes dan pasien dari paparan COVID-19.

“Seluruh layanan yang ada di RSUD dr. Iskak buka setiap hari kerja, silakan datang dan tetap mematuhi perotokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” tandas Mochamad Rifai. (PKRS/MFW)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119