Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Tampil Cantik dengan Lensa Mata

Tampil Cantik dengan Lensa Mata

BICARA soal kecantikan di era pandemi COVID-19 yang identik dengan penggunaan masker seperti sekarang, tampilan wajah tak lagi bisa ter-ekspose maksimal. Ada sebagian wajah yang tertutupi masker (area mulut, hidung hingga dagu), dan ada sebagian lagi (bagian atas)  yang terbuka, seperti bagian kepala, rambut dan area mata.

Penggunaan aksesoris tambahan (masker) ini tentu membuat banyak orang, terutama kaum hawa, berkreasi agar penampilannya terlihat menawan, sembari tetap menjalan protokol kesehatan dengan bermasker. Mulai memilih masker yang baik sekaligus stylist, menata gaya rambut ataupun mengenakan penutup kepala yang modis, hingga penggunaan kacamata ataupun lensa kontak untuk membantu menonjolkan area mata.

“Meskipun pandemi, kita tetap bisa berpenampilan sebaik mungkin. Salah satu caranya adalah menonjolkan area mata dengan memberikan aksesoris seperti lensa kontakagar terlihat lebih menarik,” kata dokter spesialis mata RSUD dr.Iskak Tulungagung, dr. Hera Lesmana, Sp.M dalam satu dialog interaktif berbasis daring di studio RSUD dr. Iskak, Kamis, 4 Februari 2021.

Bagaimanapun, pemasangan lensa kontak dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Hal ini bisa terjadi karena sebagian besar produk lensa kontak memiliki karakter warna yang kuat sehingga sorot mata terlihat jauh menarik perhatian.

Dokter Hera mengatakan, lensa kontak yang sering digunakan oleh masyarakat umum adalah yang jenis soft lens ketimbang hard lens yang tidak memiliki permeabilitas terhadap oksigen sehingga sering dirasakan tidak nyaman saat digunakan. 

Berbeda dengan lensa kontak lunak atau soft lens yang memiliki sifat hidrofilik. Artinya lensa kontak ini mampu menyerap air sehingga konsistensinya menjadi lunak dan lebih nyaman digunakan.

Itulah sebabnya soft lens kerap dipilih sebagai alternatif. Selain membantu mengatasi masalah penglihatan, lensa kontak membantu penampilan pemakainya sehingga tampak lebih stylist, lebih modis dan keren. Cara pemakaiannya pun tidak terlalu rumit, termasuk dalam banyak aktivitas sehari-hari.

Soft lens itu lembut sehingga cocok untuk mata. Namun pemasangannya harus hati-hati, tidak boleh sembarangan,” tambahnya.

Selain itu, lensa kontak dapat memberikan kemudahan yang cukup simpel sebagai penganti kacamata dan dapat dijadikan sebagai alat bantu terapi masalah kesehatan mata.

Soft lens pun mempunyai beberapa pilihan varian warna yang sesuai dengan keinginan. Anda bisa memilih warna cokelat dan biru, dan berbagai warna pilihan lainnya,” kata dr. Hera.

Manfaat lain menggunakan softlens adalah untuk terapi kesembuhan pada mata minus, silinder ataupun gangguan kesehatan mata lainnya. “Tapi perlu diingat ya, membeli produk lensa kontak tidak disarankan di sembarang tempat. Dan sebelum memutuskan pemasangan lensa kontak, sebaiknya diperiksakan kepada ahlinya terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang berisiko mengancam kesehatan mata,” pungkasnya. (PKRS/MFW)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119