27 Jan, 2022

Tetap Buka Layanan Antigen dan PCR Test

MESKIPUN kasus COVID-19 di Kabupaten Tulungagung mengalami penurunan yang cukup signifikan, namun pemeriksaan rapid antigen maupun swab polymerase chain reaction (PCR) masih menjadi syarat wajib untuk beberapa kepentingan.

Untuk itu, RSUD dr. Iskak masih membuka layanan untuk pemeriksaan rapid antigen maupun swab PCR untuk keperluan mandiri.

Penanggung Jawab Instalasi Mikrobiologi Klinik RSUD dr. Iskak, dr. Rendra Bramanthi Sp.MK(K) mengatakan, masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan dapat langsung datang ke Poli COVID-19 yang berada di sebelah timur area parkir rumah sakit.

“Kami masih membuka layanan untuk masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan swab PCR maupun antigen,” jelasnya.

Rendra mengatakan, pelayanan rapid antigen maupun swab PCR ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan mandiri, seperti syarat perjalanan ke luar kota, syarat menggunakan transportasi umum, hingga syarat pendaftaran suatu pekerjaan.

“Layanan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Tulungagung dan sekitar. Untuk syaratnya pun relatif mudah, hanya membawa e-KTP dan datang langsung ke Poli seperti biasa,” terangnya.

Terkait besaran biaya, kini telah disesuaikan dengan peraturan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), yakni Rp 99 ribu untuk swab antigen, sementara untuk swab PCR sebesar Rp 250 ribu.

“Untuk jam buka mengikuti layanan poli seperti biasa. Pukul 07.00 WIB hingga 10.00 WIB untuk pendaftaran,” imbuhnya.

Untuk hasil pemeriksaan, papar Rendra, masyarakat pun dapat mengaksesnya secara langsung melalui aplikasi emergency button yang dapat didownload di goole play store. Selain untuk masyarakat umum, skrining dengan melakukan pengambilan swab PCR juga masih diberlakukan bagi pasien yang masuk ke Rumah sakit. (PKRS/AAP)

Berita Terkait

Berita Terbaru

Polling

Apakah website ini bermanfaat untuk Anda?