Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Tulang Wajah Patah Apa Bahayanya? Begini Penjelasan Dokter Spesialis Bedah Plastik dan Rekonstruksi Estetika

Tulang Wajah Patah Apa Bahayanya? Begini Penjelasan Dokter Spesialis Bedah Plastik dan Rekonstruksi Estetika

KASUS tulang wajah patah sebagian besar disebabkan kasus kecelakaan lalu lintas. Hal ini berbanding lurus dengan semakin bertambahnya jumlah pengendara kendaraan bermotor di jalan raya.

Dokter Spesialis Bedah Plastik dan Rekonstruksi Estetika RSUD dr. Iskak, dr. Santi Devina, Sp. BP-RE mengatakan, tulang wajah patah paling sering akibat benturan dari kecelakaan.

”Tulang wajah patah harus segera ditangani oleh dokter spesialis bedah plastik dengan berkolaborasi dengan dokter spesialis terkait. Hal ini penting untuk melindungi organ-organ di kepala seperti mata, hidung, mulut, dan lainnya,” kata Santi saat acara Talkshow Interaktif yang digelar oleh PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) RSUD dr. Iskak beberapa waktu lalu.

Tanda-tanda yang bisa dirasakan seseorang saat mengalami tulang wajah patah sebagai berikut; fungsi mata terganggu, yakni seolah-olah melihat objek menjadi dobel, pipi terasa tebal sebelah, hingga tidak bisa membuka mulut.

Ciri umum dari patah tulang wajah menurut Dokter Santi yakni tak merasakan nyeri di bagian wajah. Hal itu disebabkan saraf perasa terputus atau terjepit oleh tulang wajah yang patah.

”Hal ini berbanding terbalik dengan patah tulang kaki, tangan, dan lainnya yang merasakan nyeri sekali,” jelasnya.

Tulang wajah sendiri terdiri dari 22 tulang yang tersebar di bagian mulut, hidung, mata dan dahi. Saraf perasa di wajah terdiri dari empat bagian.

Penanganan pertama untuk seseorang yang mengalami tulang wajah patah, yaitu CT Scan tiga dimensi untuk mendeteksi tulang wajah secara menyeluruh.

”RSUD dr Iskak telah memiliki CT Scan tiga dimensi. Nantinya pasien dan keluarganya bisa melihat bagian-bagian tulang secara rinci,” papar Dokter Santi.

Setelah diperiksa dari hasil CT Scan, maka tindakan medis berikutnya adalah tindakan operasi. Dalam tindakan ini, dokter spesialis bedah tidak sendirian, namun bekerja sama dengan dokter spesialis lainnya berdasarkan bagian wajah yang terluka.

”Kalau tulang wajah patah di bagian mata, harus dengan dokter spesialis mata, kami dahulukan tindakan untuk melindungi bagian terpenting, misalnya bola mata,” kata dia.

Operasi wajah terdiri dari tiga tahap. Pertama, dokter spesialis bedah plastik memilih irisan kulit yang tersembunyi untuk pertimbangan estetika.

”Jika tulang rahang atas, kami bisa melakukan irisan di dalam mulut untuk operasi. Jika tulang alis, maka irisan dari dalam alis dan sebagainya,” jelasnya

Operasi wajah tahap kedua, yakni rekonstruksi untuk reposisi atau menata ulang tulang, misalnya tulang pipi yang patah disamakan dengan pipi sebelah.

Selain itu, dokter juga berupaya mengembalikan fungsi saraf perasa yang berhenti bekerja karena terputus atau terjepit oleh tulang wajah yang patah.

Berikutnya, tahap ketiga dengan memasang plat berbahan titanium murni yang tidak bereaksi dengan jaringan tubuh yang aman.

”Terdapat juga plat yang bisa diserap tubuh, sekitar dua tahun setelah tulang tumbuh, maka plat bisa hilang,” kata dokter Santi. Sementara itu, Dokter Santi mengimbau kepada semua masyarakat agar memperhatikan keamanan dalam beraktivitas, seperti memakai helem yang berstandar saat bersepeda atau mengendarai kendaraan roda dua. (PKRS/MAS)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119