Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Waspadai Penyakit Osteoporosis Sejak Dini

Waspadai Penyakit Osteoporosis Sejak Dini

OSTEOPOROSIS adalah penyakit pada bagian tulang manusia yang mengalami penurunan kualitas jaringan tulang. Dalam jangka panjang, jika osteoporosis tidak segera ditangani/diobati, hal ini bisa mengakibatkan rapuh/keroposnya struktur tulang yang secara perlahan membuatnya berisiko mudah patah (fraktur).

Penderita penyakit ini, lebih sering dialami oleh manula (usia 60 tahun ke atas), baik laki laki maupun perempuan. Namun penderita gejala penyakit kekeroposan tersebut paling banyak adalah wanita. Biasanya ditandai dengan rasa nyeri di sekitar punggung.

Menurut keterangan dr. Hengki Wijaya, Sp. PD. dokter spesialis penyakit dalam RSUD dr. Iskak Tulungagung, peningkatan penderita penyakit osteoporosis pada perempuan terjadi secara alami, karena perempuan pasti mengalami saat fase menopause dimana kadar hormone estrogen menurun seiring dengan bertambahnya usia.

“Pada fase monopause ini perempuan tidak lagi mengalami siklus mentruasi, sehingga terjadi banyak perubahan. Salah satunya menurunya kadar hormon estrogen. Padahal hormon tersebut yang memberikan perlindungan kepadatan tulang,” katanya pada acara Talkshow Interaktif Sehat RSUD dr. Iskak Tulungagung, Senin (22/10/2020).

Terdapat beberapa faktor risiko lainnya yang memicu terjadinya osteoporosis. Di antaranya adalah;

  1. Usia.
  2. Gender.
  3. Faktor ras.
  4. Riwayat keluarga dengan osteoporosis.
  5. Mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu lama yang memberikan efek samping osteoporosis, misal steroid.
  6. Minuman beralkohol, kopi dan perokok
  7. Pengaruh dari riwayat penyakit seperti rheumatoid arthritis, patah tulang dll.
  8. Asupan gizi dan vitamin kurang seimbang.

“Terkait dengan osteoporosis, kita adalah orang Asia (ras Asia) menjadi faktor risiko penyakit osteoporosis tertinggi dan kasusnya telah menyumbangkan 33 persen di seluruh dunia. Oleh sebab itu sebaiknya konsumsilah rajinlah mengkonsumsi makanan yang sehat,” paparnya

Dokter Hengki menambahkan, pencegahan faktor risiko osteoporosis yang paling efektif harus dilakukan sejak dini.

Biasakan hidup sehat dengan rutinitas berolahraga yang baik dan mengkonsumsi makanan makanan yang bergizi sejak muda, jauh sebelum menginjak usia tua.

Selain itu, hindari hal-hal yang dapat mempengaruhi faktor risiko penyebab osteoporosis.

“Proses pencegahan tidak bisa dilakukan secara mendadak. Oleh karena itu dengan membiasakan hidup sehat sejak mudah adalah cara terbaik untuk mencegah terjadinya osteoporosis di kemudian hari,” tutur dr. Hengki.

Gejala osteoporosis terletak di bagian tulang manusia. Oleh karenanya, diperlukan asupan makanan yang bergizi dengan asupan kalsium seimbang untuk mempertahankan kepadatan dan kekuatan tulang yang baik.

“Misalnya, memberikan asupan yang mengandung vitamin D yang dapat ditemukan pada ikan salmon, sarden, ikan patin, kuning telur, susu dan sebagainya. Selain itu sayuran berwarna hijau seperti bayam, brokoli, jamur, buah, kacang kacangan dan berolahraga dengan luar ruangan agar terkena sinar matahari langsung,” terangnya.

Lebih lanjut dr Hengki mengatakan, secara umum penderita osteoporosis tidak mengalami gejala apapun. Namun ada sebagian penderita yang tiba-tiba merasakan gejala ringan seperti nyeri tulang dan sembuhnya berangsur lama pada bagian tertentu.

Gejala nyeri pada tulang timbul dikarenakan ada reaksi otot mengalami ketegangan akibat dari gerakan ataupun di sentuhan.

“Timbulnya rasa nyeri karena tulang belakang mengalami kelainan, bisa juga di bagian pergelangan lengan atau di bagian lainnya bekas cedera lama. Jika di sentuh, maka akan terasa sangat nyeri,” katanya.

Oleh karenanya, cara terbaik untuk mengetahui kondisi dan kualitas tulang pada tubuh seseorang lanjut usia, sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya ataupun dokter sebelum terlambat

“Waspada kesehatan lebih baik daripada konsultasi gangguan kesehatan setelah merasakan keluhan. Dengan konsultasi di waktu yang tepat (sebelum bergejala), itu sama halnya mencegah terjadinya kemungkinan secara dini,” kata dia.

Untuk mendapatkan solusi terbaik, langsung ditangani ahlinya (dokter spesialis) dari berbagai masalah kesehatan tulang, Poli Instalasi Penyakit Dalam (IPD) RSUD dr. Iskak Tulungagung tempatnya.

Jadwal pelayanan Poli IPD buka setiap hari kerja (Senin-Jumat) mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

Salam sehat ya sobat Iskak. Semoga kita terus diberi kesehatan dan dijauhkan dari sakit kekeroposan tulang ini.
(PKRS)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119